Cara Menghubungkan Modem dengan Smartphone Android Lewat OTG

Blogaziz.com - Cara menghubungkan atau menyambungkan modem ke ponsel android (smartphone) lewat OTG akan menjadi pembahasan kita kali ini. Terdengar asing di telinga, bahkan belum pernah melihat apakah bisa modem dihubungkan dengan hp?

Jika biasanya modem digunakan hanya pada laptop atau komputer, maka kali ini kita buat tutorial sedikit berbeda. Cara ini bisa kamk coba ketika tidak memiliki komputer atau laptop di rumah.

Dengan cara menyambungkan modem ke ponsel kita tidak perlu lagi ribet melakukan segala hal, kamu cukup mengikuti beberapa cara dan tips di bawah ini saja.

Cara Menghubungkan Modem ke Ponsel/HP/Smartphone Mudah
Cara Menghubungkan Modem ke Ponsel/HP/Smartphone
Keuntungan menggunakan modem pada Android yaitu kamu bisa sekaligus menggunakan beberapa fitur diantaranya mengaktifkan data hanya lewat modem, koneksi internet jauh lebih cepat seperti WiFi. Kalau kekurangan paling tidak bisa digunakan berlama-lama karena hp tidak akan kuat bertahan seharian karena alasan batere low lemah, maka modem harus dilepas.

Contoh di atas saya menggunakan modem jenis Huawei sebagai percobaan.

Menghubungkan Kabel Data OTG ke Ponsel Android disambung dengan Modem

Fungsi dari kabel OTG sendiri sangat banyak digunakan, contohnya untuk bermain game di hp dikonekan ke stik PS, menyalin data dari Flashdisk ke ponsel atau sebaliknya, menggunakan keyboard/mouse komputer pada hp dan masih banyak lagi fungsi dari OTG sendiri.
Contohnya sekarang kita akan mencoba menggunakan modem langsung pada hp androud dengan bantuan kabel OTG.

Langkah 1. Smartphone yang kamu miliki harus versi 5 ke atas berarti minimal lolipop. Status root juga mempengaruhi kegagalan, jari Smartphone kamu harus dalam status sudah di root.

Langkah 2. Kemudian download aplikasi PPP Widget. Kamu bisa cari di Playstore jika tidak ditemukan silakan cari di beranda Google.

Langkah 3. Hubungkan modem dengan kabel data. Jika sudah langsung saja tancapkan OTG ke port USB hp. Tunggu beberapa saat sampai ada respons, jika lampu LED pada modem menyala berarti bisa.

Langkah 4. Buka aplikasi PPP Widget, jika muncul notifikasi perizinan superuser klik saja Izinkan.

Langkah 5. Setelah aplikasi PPP Widget terbuka kamu akan melihat Tombol Connect. Nah, bila kamu melihat tombol tersebut itu artinya ponsel mendukung menggunakan modem. Jika sebaliknya tidak terdapat tombol Connect maka smartphone kamu tidak mendukung (not support).

Langkah 6. Jika tombol connect telah tersedia langkah berikutnya kamu setting APN dulu, caranya klik Configure. Buat akses poin yang kamu inginkan. Jika sudah silakan kembali ke menu widget tadi dan langsung menghubungkan modem ke internet dengan menekan tombol Connect/Hubungkan.

Jika berhasil terhubung maka cara ini berhasil kamu lakukan. Cukup mudah dan gampang sekali, bahkan tidak terpikirkan sebelumnya.

Demikian itulah cara menghubungkan modem dengan smartphone android menggunakan kabel OTG secara mudah dan cepat. Kamu bisa mencobanya di rumah, tanpa perlu mempunyai laptop.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply

Melayani pengisian akun Paypal dan penukaran saldo paypal ke akun bank indonesia. Proses cepat dan mudah.

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.